Lautan Terdalam di Dunia

    Assalamualaikum... ini adalah pos ke2 saya dalam blog Moment alam ini, mudah-mudahan pos ini bermanfaat bagi pembaca sekalian. Dan posan saya kali ini ialah tentang lautan terdalam didunia. banyak orang tidak mengetahui tentang lautan, dan didunia ini lebih dari setengah belahan dunia ini adalah lautan tepatnya 70'9 belahan dunia ini adalah lautan dan sisanya ialah daratan, wajar saja kalau masih banyak orang tidak mengetahuinya.

   Lautan terdalam juga disebut juga Palung, yakni Sebuah lubang yang menjorok kedalam  dari sebuah lautan atau Samudra. berikut akan diulas tentang lautan terdalam yang ada di dunia ini.

1. Palung Mariana AS

  
Palung ini terletak di Samudra Pasifik. Dinamakan Palung mariana karena terletak di dekat pulau mariana Amerika Serikat. Pulau ini terletak dekat Negara jepang namun demikian pulau ini termasuk kepada wilayah AS. dan sekarang pulau ini menjadi wisata yang banyak pengunjungnya dari Negara Jepang. kedalaman palung ini 10.924 meter. hmm.. sangat dalam bukan...


2. Palung Tonga

Palung ini terletak membentang dari pojok utara Pulau Kermadec ke North Island di Selandia baru. kedalaman palung ini mencapai 10.882 meter. Tonga adalah sebuah negara kepulauan di Samudra Pasifik bagian selatan, terletak  antara Selandia Baru dan Hawaii.





3. Palung Filipina

Palung Philippine juga dikenal dengan sebutan Palung Mindanao. Palung ini mempunyai panjang sekitar 1.320 km yang membentang dari pilipina ke pulau Maluku di Indonesia. akan tetapi ada yang mengkategorikan palung ini kedalam palung mariana. dalam palung ini mencapai 10. 540 meter.





4. Palung Kuril

    
Juga dikenal dengan nama Kepulauan Kurile. Kepulauan Kuril membentuk busur pulau vulkanis akibat lempeng tektonik. Palung Kuril, sebuah palung dasar laut, terletak 200 km di sebelah timur Kepulauan Kuril. Dalam palung kuril yakni 10. 500 meter dari permukaan laut.






5. Palung Kermadec

Terletak di Samudera Pasifik, tepatnya dipulau kermadec australia Kedalaman palung ini mencapai 10,047 meter.








 
 6. Palung Puerto Rico 
Palung terdalam selanjutnya yaitu palung puerto rico yang mencapai 9.219 meter. Terletak diperbatasan laut karibia dan samudra Atlantik di negara poerto rico. puerto rico adalah negara persemakmuran dari wilayah yang terorganisasi naungan Amerika Serikat. Puerto Riko terletak di sebelah timur Republik Dominika di Karibia bagian timur laut.







7. Palung Japan

Palung Jepang adalah sebuah palung yang merupakan bagian dari Cincin Samudra Pasifik, terletak di dasar Samudra Pasifik bagian utara, tepatnya di sebelah timur laut Negara Jepang. Palung berkedalaman  9.000 meter. memanjang dari Kepulauan Kuril hingga Kepulauan Bonin.





8. Palung South Sandwich







Palung Sandwich Selatan adalah suatu lubang didalam Samudra Lautan Atlantik Selatan berbaring 100 km dari  timur Pulau Sandwich Selatan. Palung ini berada di Samudera Atlantik Kedalamannya mencapai 8,428 meter.

9. Palung Peru-Chile 







Bertempat Samudera Pasifik. Palung Peru-Chile juga dikenal dengan nama Palung Atacama yang terletak 100 mil dari pantai Peru dan Chile. Kedalamannya mencapai 8,065 meter/ 26,456 kaki/ 5.01 mil.


10. Palung Jawa

Palung ke 10 yakni palung yang berada di negeri kita sendiri, Indonesia. Palung ini menjadi titik terdalam dari Samudra Hindia terletak di timur laut samudera Hindia dengan panjang 2.600 kilometer dan kedalaman maksimum 7.725 meter. Palung ini letaknya memanjang dari pesisir timur Pulau Sumatera sampai pesisir selatan Pulau Jawa. Titik terdalam dari Palaung ini  ada  sekisar 320 km lepas pantai selatan Yogyakarta.


Sampai sini dulu postingan hari ini mudah mudahan bermanfaat bagi pembaca...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Lautan Terdalam di Dunia"

Posting Komentar