10 Gurun Terluas Didunia

Apa itu gurun ?

Gurun adalah padang pasir yang sangat luas, sampai berpuluh bahkan beratus km luasnya bahkan beratus mil-an luasnya. Suatu daerah dimana curah hujunya sangat kecil yaitu kurang dari 250mm per tahun, sifat udaranya kering dan hampir tidak ada tumbuh-tumbuhan yang hidup. Gurun disebut juga daratan kering, karena klasifikasi gurun berdasarkan tingkat kekeringan di suatu wilayah. Hampir seperempat permukaan bumi daratan merupakan daerah gurun dengan temperatur yang dapat melebihi 55 derajat Celcius pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari. Baiklah langsung saja saya mulai 10 gurun terluas yang ada di bumi ini...

1. Gurun Sahara

Gurun ini terletak di afrika sebelah utara berusia 2,5 juta tahun. Padang pasir ini membentang dari Samudra Atlantik ke laut Merah. Dari laut Tengah sebelah utara dan Sahel bagian selatan.  Dari mauritania bagian barat dan Mesir bagian timur. Kira - kira luas Gurun tersebut 3. 500. 000 mil persegi atau 9. 100. 000 persegi. tak heran banyak orang yang menyatakan bahwa gurun ini dinobatkan yang terluas di dunia.

Yang membuat Gurun Sahara menjadi sangat unik dan terkenal ke seantero dunia adalah karena letaknya yang membagi benua Afrika menjadi dua. Yakni, Afrika Utara dan Afrika. Dua bagian wilayah ini memang sangat berbeda, baik dari segi iklim maupun budayanya.

Nama Sahara berasal dari bahasa Arab yang berarti padang pasir. Gurun ini diperkirakan sudah berusia lebih dari 2,5 juta tahun. Sahara juga selama ini dikenal sebagai gurun terpanas di dunia. Suhunya kadang-kadang bisa mencapai 58 derajat celcius.





2. Gurun Australia
Gurun ini terletak disebelah selatan Australia tepatnya di daerah Gibson, Great Sandy, Great Victoria dan Simpson. luas Gurun ini sekitar 1. 300. 000 mil persegi atau 3. 400. 000 km persegi.










3. Gurun Jazirah Arab

Maksudnya gurun yang berada di daerah negeri asia barat daya. Gurun ini memiliki Luas wilayah 2.330.000 km². Gurun ini memiliki panjang 2.100 km dan lebar 1.100 km. Gurun ini melintasi di beberapa negara seperti Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yaman.







4. Gurun Turkestan

Gurun ini terletak di Benua Asia bagian tengah tepatnya  Kara-Kum dan Kyzylkum dan negara pecahan uni soviet seperti  turkmenistan dan kirgyztan dan mempunyai luas wilayah 750. 000 mil persegi atau 1. 900. 000 km persegi.










 5. Gurun Gobi

Sebuah kawasan gurun yang sangat besar yang terletak didaerah Asia bagian tengah tepatnya didaerah Republik Rakyat Tiongkok dan bagian selatan Mongolia. Gurun Gobi dibatasi oleh Pegunungan Altai serta padang rumput Mongolia di sebelah utara, oleh dataran tinggi Tibet di sebelah barat daya , dan oleh dataran Cina Utara di sebelah tenggara. Dalam Bahasa Mongolia, kata Gobi berarti "sangat besar dan kering". Gobi terdiri dari beberapa kawasan geografis serta ekologis yang unik, didasarkan pada perbedaan iklim dan topografi. Gurun ini merupakan yang terbesar di Asia.

Gobi tercatat dalam sejarah sebagai bagian dari Kekaisaran Mongol, dan merupakan lokasi dari beberapa kota penting sepanjang Jalur Sutra. Dalam gurun Gobi juga terdapat binatang yang bernama Cacing Maut Mongolia, yang sekarang ini masih diselidiki tentang keberadaannya. cacing maut mongolia termasuk jenis binatang yang mematikan.


6. Gurun Amerika bagian Utara

Gurun ini adalah gurun terluas di Benua Amerika yakni seluas 500. 000 mil persegi atau sama dengan 1. 300. 000 km persegi. gurun ini terletak di negara Amerika bagian utara, seperti California sampai ke negara Mexiko.








7. Gurun Patagonia

Adalah wilayah geografis yang terdiri dari bagian paling selatan Amerika Selatan. Patagonia terletak di Argentina dan Chili. Nama Patagonia berasal dari kata patagon yang digunakan oleh Magellan untuk mendeskripsikan penduduk asli yang diduga oleh ekspedisinya sebagai raksasa. Kini dipercaya bahwa Patagon adalah suku Tehuelche dengan rata-rata tinggi badan.

Di sebelah timur Andes, Patagonia terletak di sebelah selatan sungai Neuquen dan Colorado, Di sebelah timur Andes, Patagonia yang terletak di Argentina meliputi provinsi Neuquen, Rio Negro, Chubut, Santa Cruz, dan Tierra del Fuego, dan juga bagian selatan provinsi Buenos Aires, Mendoza dan La Pampa. Patagonia bagian Chili mencakup bagian selatan region Los Lagos, Aisen dan Magallanes. Patagonia tidak termasuk bagian Antarktika yang diklaim oleh Chili dan Argentina.

8. Gurun Thar

Terkenal sebagai Padang pasir Orang India Yang besar. Terletak di negara India dan Pakistan luas wilayah ini 230. 000 mil persegi atausama dengan 600. 000 km persegi.  Gurun ini juga termasuk dalam gurun kategori sangat kering, karena hampir tidak pernah turun hujan di sepanjang tahun. Pada musim panas suhu di sini bisa mencapai 60 derajat Celcius.





9. Gurun Kalahari

Gurun kalahari adalah gurun yang terdapat di bagian selatan Afrika dengan luas 900,000 km persegi (362,500 mil) yang meliputi sebagian besar Botswana dan beberapa bagian dari Namibia serta Afrika Selatan. Gurun Kalahari merupakan semi gurun dengan bagian kering dan terdapat padang rumput setelah terjadinya hujan. Gurun Kalahari juga menjadi habitat dari berbagai binatang dan tanaman, karena bukan sepenuhnya gurun pasir. Curah hujan di Gurun Kalahari mencapai 3-7  inchi per tahun. 

sedangkan ada yang menyatakan luas gurun yang benar benar gurun yakni seluas 220 mil persegi atau 570. 000 km persegi. maka dari itu gurun ini ternobatkan kepada Gurun ke-9 terluas didunia.


10. Gurun Takla Makan

Gurun yang terakhir yaitu Gurun Taklamakan juga disebut Taklimakan, adalah gurun di Asia Tengah, di Republik Rakyat Tiongkok atau sekarang R.R. China bagian barat daya. Gurun ini berbatasan dengan Pegunungan Kunlun di selatan dan Pegunungan Pamir dan Tian Shan (Gunung Imeon kuno) di barat dan utara. luas gurun ini 185. 000 mil persegi atau 480. 000 km persegi



Mungkin sampai disini saja postingan mimin kali ini, dan semoga anda bisa mengambil manfaatnya dari artikel yang tak seberapa ini ya guys. Jangan lupa selalu mengunjungi website yang menampilkan postingan yang sama seperti Longgor, Anonimus, Blog Asyarh, Beralih dan Sruput dimana mereka selalu mentap dalam menyajikan postingan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "10 Gurun Terluas Didunia"

Posting Komentar