Gunung Api Tertinggi Didunia

Gunung Api Tertinggi Di-Dunia


Gunung api tertinggi di dunia berasal dari Negara Tanzania, yaitu Gunung Kilimanjaro. Kilimanjaro berasal dari bahasa swahili dari dua kata yakni kilima yang artinya gunung dan njaro artinya bercahaya. Atau dulu disebut Kaiser-Wilhelm-Spitze. Gunung kilimanjaro berada di timur laut tanzania. Gunung ini adalah gunung berapi tertinggi yang ada didunia. Tingginya mencapai 4.600 meter dengan catatan diukur dari kaki gunung, apabila diukur dari permukaan air laut maka lebih tinggi lagi.

Puncak gunung kilimanjaro adalah puncak tertinggi di Benua Afrika. Dengan ketinggian 5.895 meter diatas permukaan laut dalam satu Situs dikatakan tingginya mencapai 6.010 meter. Gunung ini juga memiliki julukan kilima Dscharo atau oldoinyo oibor yang berarti gunung putih. Kilimanjaro adalah gunung api srato raksasa yang sekarang tidak aktif, namun memiliki fumarol yang mengeluarkan gas dikawah yang terletak dipuncak utama kibo. Di Tanzania puncak kibo lebih dikenal dengan puncak Uhuru.

  • Guallatiri, Chile
Guallatiri atau Guallatire adalah salah satu gunung berapi paling aktif di Chile utara. Sebelah  barat  perbatasan dengan Bolivia dan di ujung barat daya dari Nevados de Quimsachata. Guallatiri adalah gunung berapi aktif tertinggi di Amerika Selatan. Tinggi Gunung ini mencapai 5.965 diatas permukaan laut.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gunung Api Tertinggi Didunia"

Posting Komentar